Selasa, 24 Juni 2014

PENGERTIAN ERGONOMI, ERGOMETRI, DAN OTOMASI


Ergonomi yaitu ilmu ayang memmpelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Ergonomi berasal dari kata Yunani ergon yang artinya kerja dan nomos yang berarti aturan, secara keseluruhan ergonomi berarti aturan yang berkaitan dengan kerja, sasaran penelitian ergonomi adalah manusia pada saat bekerja dalam lingkungannya. Secara singkat dapat dikatakan bahwa ergonomi ialah penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia dengan tujuan untuk menurunkan stress yang akan dihadapi, yaitu dengan cara menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban betujuan agar sesuai dengankebutuhan tubuh manusia. Berdasarkan pengertian tersebut dapat di simpulakan bahwa pusat dari ergonomi adalah manusia. Konsep ergonomi adalah berdasarkan kesadaran, keterbatasan kemampuan dannkapabilitas manusia. Sehingga dalam usaha untuk mencegah cidera, meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kenyamanan dibutuhkan penyesuaian antara lingkungan kerja, pekerjaan  dan manusia yang terlibat dengan pekerjaan tersebut.
pengertian ergometri
Ergometri adalah ilmu untuk mengukur kerja baik beban kerja maupun kemampuan kerja faktor manusianya. Biasanya dua hal yang diukur dan dievaluasi, yaitu:
·         Pemakaian energi oleh seorang tenaga kerja untuk melakukan pekerjaannya.
·         Kemampuan kerja fisik maksimum atau sub-maksimum dari seorang tenaga kerja.
Oleh tubuh, ketika seseorang bekerja, energi kimia diubah menjadi energi mekanis dan panas. Untuk mendapat energi kimia diperlukan O2 sebagai bahan pembakar. Sehubungan dengan itu, banyaknya O2 yang dipergunakan untuk suatu kegiatan dalam menjalankan pekerjaan menjadi petunjuk mengenai pemakaian energi. Cara menentukan pemakaian energi dengan pengukuran O2 adalah cara tidak langsung, sebenarnya ada cara langsung yaitu mengukur kalori yang dikeluarkan oleh tenaga kerja dengan menggunakan alat calorimeter, tetapi cara demikian hanya dapat dikerjakan di laboratorium yang sangat canggih dan khusus. Dari pemakaian O2, banyaknya kalori yang dipakai untuk keperluan suatu pekerjaan dihitung dengan dasar persamaan 1 liter O= 4,7-5,0 kilokalori (kalori).
Otomasi adalah suatu teknologi terkait dengan aplikasi mekanik, elektronik, dan komputer- didasarkan sistem untuk beroperasi dan mengendalikan produksi.
Teknologi ini meliputi:
  1. Alat masin otomat untuk memproses [part]
  2. Mesin perakitan otomatis
  3. Robot industri
  4. Material otomatis [yang] menangani dan sistem [gudang/penyimpanan]
  5. Sistem pemeriksaan otomatis untuk pengendalian mutu
  6. Pengawasan proses komputer kontrol balik
  7. Sistem komputer untuk perencanaan, pengumpulan data, dan  pengambilan  keputusan untuk mendukung memproduksi

apa itu otomasi?
- otomasi adalah sebuah bidang ilmu dimana kita dituntut untuk membuat / merubah sebuah mesin yang manual menjadi otomatis. pada dasarnya otomasi digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan hal – hal yang rutin, karena seperti kita tahu bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam hal ketelitian, beda hal nya dengan mesin / komputer. jadi otomasi ini dapet menggantikan fungsi pekerjaan manusia.

mengapa otomasi?
-mengapa otomasi ? karena kita hidup di jaman yang sudah modern, dimana semuanya serba otomatis. selain agar lebih mudah, otomasi juga dapat menghemat waktu, dan biaya. sehingga otomasi dapat mempercepat perkembangan dunia industri.

Komponen Utama dalam Otomasi adalah :

-Sensor & Transducer
-Controller (PLC, Microcontroller, Microprosessor, dll)
-Actuator

ketiga komponen dasar ini lah yang menyusun sebuah otomasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar